Get Adobe Flash player

INFORMASI : SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITE TERBARU WMC DI : mediasiwalisongo.com ATAU SILAHKAN LANGSUNG KLIK DISINI... TERIMA KASIH...

Statistik

Members : 4674
Content : 62
Content View Hits : 142369
We have 6 guests online

Mediasi Dapat Mengurangi Penumpukan Perkara Di Pengadilan

Walisongo Mediation Center (WMC) IAIN Walisongo menyelenggarakan Seminar Nasional dan Launching Akreditasi Walisongo Mediation Center (WMC) pada Rabu, (25/11), pukul 09.00 - selesai di Aula I Lantai 2 Kampus I IAIN Walisongo. Kegiatan ini sekaligus launching dan sosialisasi akreditasi Walisongo Mediation Center (WMC) oleh Mahkamah Agung RI. Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut adalah Drs. H. Wahyu Widiana, MA (Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI), Drs. H. Chatib Rasyid, SH, MH (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah), Prof. Dr. H. Achmad Gunaryo, M. Soc. Sc (Direktur Walisongo Mediation Center). Seminar ini diikuti para hakim Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri, aktifis Lembaga Bantuan Hukum (LBH), para Dekan Fakultas Hukum dari berbagai Perguruan Tinggi, para Ketua STAIN, dosen dan mahasiswa, para tokoh lintas agama serta para aktifis perdamaian dan mediasi. Hadir pula George Frecks (professor  bidang conflict studies Wageningen University, Belanda).

Dengan telah diakredetitasinya WMC (Walisongo Mediation Center) melalaui Surak Keputusan Mahkamah Agung RI dan didukung beberapa tenaga ahli yang telah melakukan trining di beberapa negara seperti Belanda, Austria dan negara yang lainnya serta bersertifikat internasional diharapkan dapat dijadikan sebagai media bagi masyarakat luas untuk memperoleh solusi dalam problematika yang dialami, baik masalah keluarga, sosial bahkan peradilan.

Menurut Prof Dr Gunaryo M Soc Sc ada beberapa tujuan, diantara untuk menghindarkan para pihak dari kekalahan, karena dalam mediasi win-win solution adalah outcome yang dicari. Jika tercapai maka mediasi juga menyelamatkan hubungan baik yang sudah terbina sebelumnya diantara para pihak yang bersengketa.

Dari sisi kepentingan peradilan, mediasi diharapkan bisa mengurangi secara signifikan penumpukan perkara yang semakin hari semakin banyak. Konsep peradilan yang murah dan cepat serta tidak menakutkan, dengan demikian dapat dicapai.

 

Add comment



Security code
Refresh